Persiapan Pertama Kali Mendaki Gunung

Halo sobat jelajah semua, lumayan lama juga saya tidak menulis blog karena memang posisi sedang di akhir tahun sehingga perjalanan travelling lagi libur dulu. Tapi bukan berarti tidak ada bahan untuk menulis konten hehehe..saya jadi teringat pengalaman pribadi beberapa tahun yang lalu ketika masih kuliah dan mencoba untuk ikut naik gunung pertama kalinya. Dan ini pengalaman saya yang bisa dijadikan referensi sobat semua yang mau naik gunung untuk pertama kalinya:

1. Tentukan Tujuan Pendakian

Hal paling penting yang harus sobat lakukan yaitu tentukan tujuan gunung mana yang akan di daki. Saran dari saya bagi sobat semua yang akan mendaki terutama pendakian pertama kali maka pilihlah gunung dengan ketinggian yang sedang, misalnya saja 2000 Mdpl. Jangan pernah mendaki langsung dengan ketinggian 3000 Mdpl atau lebih karena biasanya semakin tinggi gunung semakin besar tantangannya dan menuntut kondisi tubuh yang sangat prima. Untuk teman-teman di Jawa Tengah, Gunung Ungaran bisa dijadikan sarana untuk latihan mendaki pertama kali.

Sumber Gambar: http://belgiyedes.blogspot.com

2. Latihan Fisik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa mendaki membutuhkan kondisi tubuh yang sangat prima. Bukan hanya sekedar bualan bahwa banyak pendaki yang meninggal di medan pendakian disebabkan kurang fit nya kondisi tubuh. Oleh karena itu sangat penting bagi sobat semua untuk melakukan olahraga rutin sebelum melakukan pendakian. Olahragalah secara teratur minimal 2 minggu sebelum mendaki. Olahraga yang dimaksud beragam, kalau saran dari saya biasakan lari karena nanti akan sangat dibutuhkan untuk ketahanan sobat semua saat melakukan pendakian terutama di medan-medan menanjak.

Image result for gambar kartun latihan fisik

Sumber Gambar: https://nurul071644249.wordpress.com

3. Lengkapi Peralatan Naik Gunung

Selain fisik tentu saja kita harus melengkapi perbekalan dan peralatan yang memadai untuk kebutuhan selama berada di gunung. Apa saja peralatan yang harus dipersiapkan? menurut pengalaman saya ada beberapa peralatan yang wajib dibawa untuk melakukan pendakian yaitu:

Tas Carrier/Tas Gunung

Pastikan anda membawa tas carrier yang mempunyai kapasitas jangan terlalu kecil atau jangan terlalu besar. Kisaran 45L – 60 L, dengan bantalan yang tebal di pundak dan bantalan penopang di punggung. Kenapa saya menyarankan untuk memilih atau membawa tas carrier dengan spesifikasi tersebut karena tas carrier akan dibawa dan menjadi beban selama masa perjalanan sobat naik gunung. Ingat medan yang akan dilalui tidak selalu datar, lebih banyak terjal dan menanjak, jadi bisa dibayangkan kalau beban yang sobat bawa malah menimbulkan lecet di pundak. oleh karena itu bantalan yang tebal di pundak dan punggung akan sangat membantu mereduksi beban dan menambah kenyamanan saat perjalanan mendaki.

Peralatan

Bawalah peralatan dan bahan mendaki seperti: tenda, matras, air kemasan, makanan instan, kompor portable, nesting, pisau, senter, jaket gunung, kupluk penutup kepala, sarung tangan, sleeping bag, dan peralatan lain yang sobat butuhkan. Ingat di atas gunung suhunya bisa mencapai 13-18 derajat celcius jadi bisa dibayangkan dinginnya seperti apa.

Image result for gambar kartun peralatan naik gunung

Sumber Gambar: https://babiliar.wordpress.com

4. Tenda di Tempat yang Aman

Bagi para pendaki pemula biasanya tidak mengetahui lokasi yang bisa dijadikan tempat yang aman untuk mendirikan tenda. Tidak aman dari apa?dari badai, ataupun dari ancaman binatang buas. Ingat sobat jangan mendirikan tenda tepat dipuncak gunung karena apa?justru puncaknya itu yang biasanya diterpa badai dan angin kencang sehingga selama sobat tidur, sobat tidak akan nyaman. Buatlah tenda di daerah yang sedikit lembah atau yang terhalang oleh punggung gunung. Jangan lupa untuk menaburkan garam disekitar tenda sobat. Hal ini untuk menghindari binatang berbahaya seperti ular.

Sumber Gambar: https://pngtree.com

5. Jaga Prilaku

Tidak aneh kita mendengar banyak cerita bahwa banyak pendaki yang mengalami kejadian misterius atau mengalami kecelakaan diakibatkan oleh prilaku yang tidak baik selama berada di gunung. Apa saja yang harus dihindari? intinya semua perbuatan yang melanggar norma agama contohnya perbuatan asusila, sombong, berkata tidak sopan, mengambil atau menyakiti hewan. Ingat sobat gunung adalah tempat yang jarang manusianya sehingga jangan lupa untuk selalu berdoa baik sebelum berangkat maupun ketika sudah berada di gunung. Jangan lupa untuk yang beragama Islam jangan pernah meninggalkan shalat walau dengan tayamum. Dan hati-hati ketika sobat ingin buang air kecil pastikan ditempat yang aman dan tidak mengganggu sesuatu yang ada disana hehehehe…

Oke sekian tips dari saya untuk sobat yang mau mendaki gunung pertama kali. Jangan lupa berdoa dan semoga kembali kerumah dengan selamat, aamiiin.

JJ Jabrig

Catatan seorang penjelajah tempat wisata dan kuliner. Artikel yang saya buat merupakan pengalaman pribadi selama menjelajahi berbagai kota di Indonesia.

You may also like...

2 Responses

  1. Akmal says:

    Tepat banget ini artikel, saya sih pengen nyoba nge camp atau gunung gitu soalnya belum pernah, eh nemu artikel ini, menarik dan juga enak dibaca, terima kasih mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *