Songa Rafting Probolinggo

Halo halo, ketemu lagi dengan mas JJ di review tempat wisata yang unik dan menarik. Oke, kali ini saya akan bahas sedikit pengalaman saya ketika rafting di Songa – Probolinggo. Mau tau gimana serunya disana?atau sobat berencana untuk rafting di Songa?baca dulu artikel mas JJ supaya bisa sedikit mencerahkan.

Wisata alam rafting merupakan sebuah olahraga alam yang cukup menantang karena kita bisa merasakan derasnya arus sungai secara langsung sekaligus berinteraksi dengan alam. Salah satu lokasi rafting yang mantap ada di Sungai Pakelan. Aliran air Sungai Pakelan ini berasal dari Gunung Lamongan dan Gunung Argopuro.  Lalu kenapa disebut Rafting Songa Probolinggo?terus terang mas JJ juga belum tau kenapa disebut “Songa” padahal nama sungainya ya Sungai Pekalen. Lanjut, kita tidak akan bahas itu tapi kita akan bahas gimana keseruan rafting disana?

1. Medan Arung Jeram

Medan arung jeram Songa sangat menantang, dengan aliran air permanen sehingga sepanjang tahun debit air tetap deras. Lebar sungainya sih bervariasi sobat ya kira-kira 5 – 20 m an gitu. Setiap medan yang dilalui sangat menantang karena berlika liku dan banyak batu-batunya sehingga harus hati-hati juga. Kedalaman sungai kurang lebih 3 m an sobat, enggak semuanya 3 m sih bervariasi juga, tapi tenang aja aman ko gak usah takut soalnya kita dipandu oleh pemandu arung jeramnya. Khusus bagi wisatawan yang hanya bermaksud untuk merasakan sensasi rafting, saya sarankan untuk memilih rafting dengan grade rendah misal grade 1-4. Artinya sobat nanti akan dibawa ke aliran sungai yang tidak begitu deras. Tapi bagi yang sudah expert, biasanya datang kesana langsung memilih medan atau aliran sungai ke arah hulu. Aliran air di hulu jauh lebih deras dan lebih berbahaya bagi sobat yang tidak terbiasa rafting. gini nih keseruan saat rafting:

Biasanya 1 perahu kayak/Canoe totalnya 4 orang + 1 pemandu. Peralatan safety nya juga lengkap ko, jadi nanti sobat dipakaikan helm dan life vest. Ini momen-momen keseruan lainnya disana:

Kita rafting melewati gua dan banyak sekali kelelawar disana sambil dihujani air terjun alami.

2. Biaya Rafting

Biaya Rafting di Songa terhitung standar, tidak terlalu mahal ko sobat. berikut rincian yang saya dapat dari sana:

  • Paket Songa Bawah/pemula dengan jarak 10 Km, waktu tempuh 2 jam : Rp. 280.000/orang
  • Paket Songa Atas/Expert dengan jarak 13 km, waktu tempuh 2,5 jam : Rp. 320.000/orang
  • Selain biaya diatas, nanti sobat akan mengeluarkan biaya tambahan misterius hehehe…kenapa misterius karena disetiap spot/jalur arung jeram ternyata sudah ditempatkan camera man yang akan memotret keseruan sobat semua. Coba sobat bayangkan siapa yang mengambil foto selain para petugas itu. Nah saat pulang sobat haru menebus foto-foto tersebut yang biayanya ya cukup mahal sih kalau menurut saya. Waktu itu kami menyiasatinya dengan cara membeli filenya saja, tidak dicetak ditempat.

3. Perlengkapan yang Harus Disiapkan

Bagi sobat yang akan melakukan arung jeram disana jangan lupa untuk mempersiapkan hal-hal berikut:

1. Pakai pakaian yang nyaman untuk basah-basahan, jangan memakai jeans ataupun pakaian yang berbahan dasar kaku.
2. Bawa pakaian ganti karena sudah pasti membutuhkan pakaian baru setelah basah-basahan. Pengalaman saya disana, saya tidak bawa pakaian ganti dan alhasil terpaksa saya harus beli t-shirt yang harganya cukup mahal.
3. Pake sepatu olahraga, kalau bisa yang kedap air atau pakai sandal gunung yang alasnya keras. Karena apa?disana banyak sekali batu-batu tajam sehingga kalaupun kita tidak sengaja mesuk ke air yang ada batu tajamnya tidak masalah.
4. Ni yang terakhir dan menurut saya paling berat, bagi sobat yang menggunakan kacamata. Selama arung jeram sebaiknya kacamata dilepas, atau kalau memang tidak bisa dilepas sebelum arung jeram, kacamatanya dibuat sedemikian rupa sehingga tidak mudah lepas. Terserah sobat semua mengakalinya apakah mau pakai tali atau apapun itu karena nanti selama perjalanan arung jeram, sesekali pemandu akan membalikan perahu dan semua peserta masuk kedalam air.

4. Kuliner setelah Rafting

Setelah rafting tentunya lapar kan?gak usah bungung sobat, disekitaran pos jaga atau lokasi rafting ada banyak warung tempat makan dan sobat bisa pilih menu-menu khas jawa timur. Begini suasana kami makan setelah rafting, terlihat sangat kelaparan.

Oke sobat sekian dulu pembahasan sedikit mengenai arung jerang di Sungai Pekalen Probolinggo atau lebih dikenal dengan Songa Rafting Probolinggo. Semoga bisa menambah referensi tempat wisata sobat semua. wassalam..

JJ Jabrig

Catatan seorang penjelajah tempat wisata dan kuliner. Artikel yang saya buat merupakan pengalaman pribadi selama menjelajahi berbagai kota di Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *