Pulau Bokori Kendari

Pulau Bokori – Halo sobat jelajah semua, gimana kabarnya sehat kan?masih suka jalan-jalan tentunya. Oke kali ini saya akan bahas sedikit mengenai surga wisata laut yang ada di Kendari – Sulawesi Tenggara.

Waktu saya berkunjung kesana ada beberapa kesan yang saya dapatkan, salah satunya adalah pulau ini bagus sekali. Dengan beberapa bagian yang berpasir putih namun belum dikelola secara optimal sehingga masih banyak bagian dari sudut pulau yang terlihat tidak dirawat. Yang kedua promosi dari pemerintah setempat belum begitu gencar, alhasil hanya sedikit tamu dari luar Kendari yang tau bahwa Kendari punya pantai dan objek wisata yang mantap yaitu Pulau Bokori.

Related image

Sumber gambar: http://giselldbrt.blogspot.com

Oke daripada berpanjang lebar yuk kita lihat hasil penelusuran saya:

1. Lokasi

Pulau Bokori berada di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kalau sobat ingin menuju pulau ini saya sarankan menyewa 1 mobil fullday karena apa?pengalaman saya awal tahun 2018 berangkat menuju pulau ini menggunakan grab. berangkatnya sih lancar dan tidak ada masalah, ya kurang lebih sekitar 1-2 jam dari pusat kota Kendari tapi ketika pulang bingung tidak ada transportasi yang akan menuju Kota Kendari. Saya coba memesan kembali grab dan hasilnya tidak ada grab yang mau menjemput kedaerah penyebrangan ke Pulau Bokori.  Alhasil dengan cara nekat saya dan teman menyetop kendaraan yang lewat dan menumpang untuk sampai daerah yang banyak angkutan menuju Kota Kendari. Mudah-mudahan sobat tidak mengalaminya hehehe…

2. Penampakan Lokasi

Pelabuhan/daerah terdekat untuk menyebrang ke Pulau Bokori yaitu Desa Bajoe. Sobat minta saja untuk diantar ke daerah itu, nanti sobat menyebrang kurang lebih 20 menitan dengan menyewa perahu kecil milik masyarakat disana. Mengenai harga sewa perahu sobat tinggal nego saja dengan penduduk sekitar pokonya gak mahal ko hanya Rp. 100.000-200.000 saja.

Itu dia ada landmark nya Pulau Bokori, pas untuk yang hobi selfie-selfie. Disini juga lumayan banyak penduduk yang berjualan cemilan atau makanan berat untuk sobat semua yang abis berenang lihat keindahan pulau terus kelaparan. Sekedar informasi karena pulau ini kelihatannya masih terus dikembangkan jadi tidak ada penjaga pantai yang bertugas menjaga keamanan sehingga kalau sobat semua ingin berenang boleh saja tapi lihat bagian mana yang dangkal dan bagian mana yang dalam. Saran saya berenanglah didepan landmark yang ada tulisan “I love Bokori”, disana pasirnya putih dan gradasi airnya hijau muda artinya memang dangkal. Meskipun demikian, sobat tetap harus hati-hati karena jarak antara daerah dangkal dan dalam sangat tipis sehingga jangan terlalu berenang ke arah luar pantai.

Selain itu menurut informasi warga yang ada di pulau ini, pulau ini biasanya dijadikan tempat menginap bagi pasangan muda yang baru menikah. Karena memang di pulau ini juga disediakan tempat menginap. Tapi waktu saya kesana sih sepi semua hehehe cukup serem juga memang, mungkin karena saya berkunjung bukan pas week end.

Sisi lainnya dari pulau ini banyak terdapat mangrove yang masih sangat bagus. Sobat bisa lihat sendiri beningnya air didekat hutan mangrove dan tempat beristirahat sementara, pokonya kalau lagi di Kendari wajib dicoba ke pulau ini. Terakhir jangan lupa tips dari saya tadi jangan sampai tidak menyewa kendaraan karena sobat akan kerepotan sendiri ketika akan pulang dan menuju ke kota Kendari.

Oke sekian pengalaman saya ke Pulau Bokori semoga menambah referensi tempat wisata sobat semua.

JJ Jabrig

Catatan seorang penjelajah tempat wisata dan kuliner. Artikel yang saya buat merupakan pengalaman pribadi selama menjelajahi berbagai kota di Indonesia.

You may also like...

2 Responses

  1. Wow keren banget bro.. airnya juga jernih.. jadi pengen kesana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *