Rujak Cingur Surabaya

Halo sobat jelajah semua, kali ini mas JJ akan membahas sedikit mengenai kuliner Surabaya yaitu “Rujak Cingur”. Siapa yang gak kenal Surabaya?kota metropolitan di timur pulau Jawa dengan seabreg kuliner yang wenak-wenak. Mas JJ akan bercerita mengenai kuliner rujak cingur, yuk ikuti cerita selengkapnya.

Sobat jelajah, berbicara mengenai Surabaya dan kulinernya mas JJ jadi teringat saat jaman-jaman kuliah dulu di ITS. Saking kangennya dengan kuliner ini setiap saya berkunjung dan dinas ke Surabaya pasti menyempatkan untuk memesan kuliner ini. Ngomong-ngomong seperti apa sih “Rujak Cingur” khas Surabaya itu?

1. Penampakan Rujak Cingur

Bagi sobat semua yang belum tau apa sih kuliner ini, dan terbuat dari apa rujak cingur itu. Rujak cingur itu sejenis rujak yang terbuat dari “irisan mulut dan moncong sapi”.  Wow cukup menantang bukan?makanya kalau jalan-jalan ke Surabaya khususnya bagi pecinta kuliner, coba deh pesen menu yang satu ini. Rasanya unik, rujak yang penuh dengan irisan buah-buahan dicampur dengan irisan mulut dan moncong sapi yang sudah direbus dan ditabur dengan bumbu petis membuat ngiler. Menyantap kuliner ini paling enak siang hari saat panas dan puyeng kepala seketika puyeng langsung hilang karena segernya buah dan kenyalnya mulut dan moncong sapi yang pastinya nikmat. Gimana sih bentuk rujak cingur? gini nih sobat jelajah

Image result for rujak cingur adalah

Sumber Gambar: https://lifestyle.sindonews.com

gak kelihatan yah cingurnya dimana, hehe..tenang aja ko sobat cingurnya sudah diiris-iris pokonya wenak deh. Jadi jangan dibayangkan makan dengan hidung sapi full ya tar jadi gak selera makan.

2. Rekomendasi Tempat

Kalau bahas tempat jual rujak cingur di Surabaya itu banyak banget sobat, sama kaya kita nanya tempat jual peuyeum di Bandung. Tapi ada sih beberapa tempat yang recommended bisa dijadikan tujuan sobat semua ketika berkunjung ke Surabaya. Ini beberapa tempat tersebut:

  • Rujak Cingur Ahmad Jais, yang berada di Jalan Ahmad Jais No.40 Peneleh Genteng, Surabaya. Jam buka jam 10.00-17.00 WIB (weekdays), tapi kalau weekend buka dari jam 11.00-17.00 WIB. Harga per porsinya hanya Rp. 65.000 saja sobat.
  • Rujak Cingur Genteng Durasim, yang berada di Jalan Genteng Durasim No. 29, Surabaya. Harga per porsinya hanya Rp. 25.000.
  • Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini, yang berada di Jalan Raya Sedati Gede No. 66, Sedati, Juanda, Sidoarjo, Surabaya. Harga per porsinya hanya Rp. 30.000.
  • Rujak Cingur Ibu Rokayah, yang berada di Jalan Embong Gayam, Surabaya. Harga per porsinya hanya Rp. 20.000. dan yang terakhir
  • Rujak Cingur Delta, yang berada di Jalan Kayon Blok D No.46, Embong Kemiri, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Harga per porsinya hanya Rp. 30.000.

Silahkan tinggal meluncur aja sobat ke TKP. Atau kalau punya tempat lain yang lebih oke selain yang saya sarankan juga boleh saja pada intinya rasa rujak cingur itu khas gak akan ditemukan di kota lain dan pastinya enak.

Oke sekian sedikit info mengenai kuliner Surabaya Rujak Cingur, semoga menambah referensi kuliner sobat semua. Wassalam..

JJ Jabrig

Catatan seorang penjelajah tempat wisata dan kuliner. Artikel yang saya buat merupakan pengalaman pribadi selama menjelajahi berbagai kota di Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *