Gonggong: Nikmatnya mencicipi siput khas Batam

Halo sobat jelajah semua, bertemu kembali dengan mas JJ dalam kuliner khas nusantara. Kali ini mas JJ akan membahas kuliner unik dari daerah Kepulauan Riau, khususnya dari kota Batam. Kuliner ini sejenis siput laut tapi ukurannya cukup jumbo. Kuliner apa yang dimaksud?kita akan membahas tentang “Gonggong”.

1. Apa sih gonggong?

Oke sobat jelajah, apa yang terlintas dipikiran sobat jelajah ketika mendengar kata gonggong?apakah gonggongan anjing?eits, bukan sobat ini adalah jenis seafood dari bangsa siput hehe. Kalau sobat semua pernah melihat keong sawah ataupun bekicot, bentuknya mirip sekali dengan keong dan bekicot. Hanya saja gonggong memiliki cangkang yang berwarna putih kekuningan. kalau besarnya sih tidak terlalu jauh beda juga dengan keong sawah, jadi tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil seperti tutut.

Sumber Gambar: https://pesona.travel

2. Restoran yang menyajikan gonggong

Sekitar awal tahun 2017 an saya berkesempatan untuk mejelajahi kota Batam. Yang terpikir pertama kali ketika landing di Batam adalah bisa nyebrang ke Singapura dan kuliner khasnya yaitu gonggong. Waktu itu saya belum tau rasanya gonggong seperti apa sehingga betul-betul membuat saya penasaran. Alhasil saya langsung searching mengenai kuliner gonggong ini, dan mencari dimana sebetulnya restoran di Batam yang menyajikan masakan gonggong. Nah akhirnya saya menuju ke restoran “Golden Prawn 933”.

Sumber Gambar: http://rollingwrites.blogspot.com

Kenapa saya pilih disini, ini bukan promosi lo ya hehehe..tapi saya pilih disini karena menu makananya lengkap banget dan enaknya kita bisa langsung milih seafood apa yang akan dimasak dan dihidangkan. misalnya saja kita ingin memilih ikan kerapu dan gonggong, maka sobat nanti diajak oleh petugas untuk melihat langsung ikan kerapu hidup dan gonggong dan silahkan tunjuk untuk dimasak. Selain itu kita makan seperti di atas danau kecil sehingga suasana makin mantap. Saya sarankan untuk berkunjung malam saja sehabis magrib karena akan terasa ramenya dan biasanya juga ada live music gitu jadi sambil makan sambil mendengarkan musik lebih mantap. Tapi banyak ko sobat restoran di Batam yang menyajikan masakan gonggong ini, tidak hanya di golden prawn 933 saja ada beberapa restoran yang menyajikan menu olahan gonggong, antara lain:

  • Restoran Sri Rejeki

Berada di Pantai Batu Besar, Jl. Haji Muhammad Saleh RT. 01/ RW. 02, Batu Besar, Nongsa, Batu Besar Nongsa, Batu Besar, Nongsa, Kota Batam. Jam buka 9.00 – 21.00 WIB.

  • Restoran Barelang Seafood

Berada di Jalan Trans Barelang City, Tembesi, Sagulung, Kota Batam. Jam buka 09.30 – 20.00 WIB.

  • Restoran Jawa-Melayu

Berada di Jl. S. Parman, Tanjung Piayu, Sai-Beduk, Kabil, Nongsa, Kota Batam. Jam buka 10.00 – 21.00 WIB.

Kalau mengenai harga sobat tidak usah khawatir, setiap restoran rata-rata menawarkan seporsi gonggong kisaran Rp. 50.000 – 100.000 saja. Menurut saya sebanding dengan rasa dan pengalaman yang diberikan, secara kapan lagi nih bisa tau masakan khas Batam yang namanya gonggong.

3. Dimasak paling enak dengan cara apa?

Kalau berbicara masalah rasa, ini sudah subjektif tergantung selera masing-masing ya sobat. Tapi kalau sobat bertanya ke saya mengenai pengalaman saya makan gonggong, maka saya jawab paling enak itu gonggong direbus dan dicocol ke sambal jeruk.

Sumber Gambar: https://www.idntimes.com

Kenapa direbus?karena menurut saya kita bisa merasakan rasa original gonggong itu seperti apa, sebelum nanti dicocol ke sambal jeruk tersebut. Kenapa harus tau rasa original gonggong, agar sobat bisa membandingkan dengan keong sawah, dan tutut. Pertama saya mencoba gonggong, rasanya tawar, kenyal dan siput gonggong tidak berlendir. Ukurannya jauh lebih besar dibandingkan dengan keong sawah apalagi dibandingkan dengan tutut. Jadi menurut saya tanpa harus pakai nasi juga sudah full kenyang sobat. Rasa gonggong akan berubah drastis ketika dicocol ke sambal jeruk, jauh lebih mantap dan pastinya bikin sobat nagih. Kalau sobat tidak suka olahan gonggong rebus, banyak ko olahan maskan dari bahan gonggong antara lain:

  • Gonggong Pedas Asam Manis

Sumber Gambar: https://www.idntimes.com

Seperti namanya, bumbu pedas asam manis jadi gonggong dimasak dengan bumbu pedas asam manis. Cocok nih bagi sobat yang suka masakan pedas tapi ada asam manisnya gitu. Tenang sobat rasa gonggongnya tetap terasa ko walaupun dimasak dengan cara seperti ini.

  • Gonggong Tumis

Sumber Gambar: https://www.idntimes.com

Kalau sobat masih belum suka dengan cara masak gonggong yang dua di atas, sobat bisa coba olahan gonggong dengan cara ditumis. Nikmatnya gonggong dengan sensasi air yang bisa disruput menambah lezatnya masakan ini.

  • Gonggong Saus Tiram

Sumber Gambar: https://www.idntimes.com

Kalau yang ini gonggong dimasak dengan sus tiram. Rasanya gurih banget, gonggongnya aja udah gurih apalagi ditambah dengan bumbu saus tiram menambah gurih hidangan gonggong ini.

  • Sate Gonggong

Sumber Gambar: https://www.idntimes.com

Ada nih sobat yang tak kalah unik olahan dari gonggong lainnya yaitu, gonggong dibuat sate alias sate gonggong. Kalau selama ini sobat kenalnya dengan sate ayam, sapi, kambing, atau keong. Nah sobat harus mencoba sate gonggong kalau ke Batam. Rasanya seperti apa?mirip-mirip dengan sate keong yang banyak tersaji di daerah Jawa, khususnya Jawa Tengah.

Oke sobat sekian dulu sekilas mengenai pengalaman saya kuliner gonggong di Batam, semoga menambah referensi tempat-tempat kuliner sobat semua. Wasallam..

JJ Jabrig

Catatan seorang penjelajah tempat wisata dan kuliner. Artikel yang saya buat merupakan pengalaman pribadi selama menjelajahi berbagai kota di Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *