Enaknya Tengkleng Khas Solo

Halo sobat jelajah semua, bagaimana kabarnya?masih suka wisata kuliner kan?kali ini mas JJ akan berbagi cerita kembali mengenai kuliner khas Solo. Kuliner itu adalah “Tengkleng”. Sobat jelajah pasti ada yang sudah hapal banget apa itu tengkleng dan ada juga yang belum tau tengkleng itu sejenis makanan apa, dan terbuat dari apa. Daripada penasaran bertanya-tanya seperti apa tengkleng itu dan gimana rasanya, mending baca terus cerita mas JJ mencicipi tengkleng khas Solo di Kota Solo.

1. Tengkleng itu apa sih?

Sobat jelajah, tengkleng itu sejenis olahan dari kambing dimana cara penyajian dan cara memasaknya unik. Makanan yang disajikan adalah tulang-tulang kambing yang masih ada dagingnya menempel pada tulang tersebut. Keunikannya adalah sensasi ketika kita mencari-cari daging kambing di tulang. Ko bisa ya makanan ini ada?konon dulu zaman penjajahan, hanya para bangsawan yang bisa menikmati daging kambing, sementara rakyat biasa seperti juru masak tidak bisa mencicipi daging kambing tersebut. hanya bagian tulang kepala dan tulang lainnya dari kambing yang tidak bisa diolah untuk para bangsawan tersebut. Singkat cerita para juru masak memutar otak bagaimana caranya agar bisa menikmati olahan kambing dari tulang-tulang yang tersisa. Maka jadilah “Tengkleng” sebagai kuliner khas Jawa Tengah, khususnya kota Solo.

Sumber Gambar: https://news.detik.com

2. Bagaimana cara mengolah tengkleng?

Pengolahan tulang-tulang kambing tersebut bisa macam-macam tergantung selera dari pembeli. Ketika saya berkunjung ke Solo saya lihat banyak sekali warung makan yang menghidangkan masakan tengkleng ini dengan mayoritas di gulai atau di tumis rica-rica. Kalau sobat seneng dengan yang kuah maka sobat wajib memesan gulai tengkleng, selain bisa menikmati tulang dan daging kambing juga bisa menikmati sensasi menyeruput kuah dari tengkleng itu sendiri. Berbeda apabila sobat senang dengan masakan yang tanpa kuah. Sobat pilih saja tengkleng rica-rica selain pedas, sobat juga bisa menikmati kentalnya bumbu tengkleng khas Solo.

3. Warung makan di Solo yang menjual tengkleng

Sebetulnya banyak sekali warung makan di Solo yang menyajikan kuliner tengkleng. Dari sekian banyaknya warung makan tersebut, ada beberapa tempat makan tengkleng yang bisa saya rekomendasikan ke sobat jelajah semua, antara lain:

  • Tengkleng Rica Pak Manto

Tengkleng rica pak Manto berada di Jalan Honggowongso 36, Laweyan, Solo. Harganya mulai dari Rp 30.000, dan jam bukanya pukul 07.00 – 19.00 WIB.

  • Tengkleng Klewer Bu Edi

Kalau sobat seneng dengan penyajian makanan yang unik dan khas, sobat harus coba makan tengklengnya di tengkleng klewer Bu Edi. Lokasi warung makannya ada di Gapura Pasar Klewer Solo. Disini penyajian tengkleng tidak memakai piring, tapi pakai daun pisang. Kabarnya sih Presiden Jokowi saja pernah makan loh di tengkleng Bu Edi.  Kalau masalah harga, sobat cukup merogoh kocek Rp 25.000 saja dan jam buka pukul 12.00-16.00 WIB jadi jangan sampai telat ya kalau telat bisa-bisa kehabisan sobat.

  • Tengkleng Kambing Bu Pon

Bagi sobat yang ingin mencoba varian tengkleng selain Pak Manto dan Bu edi, ada juga nih Tengkleng Kambing Bu Pon. Warung makannya terletak di Jalan Kapten Mulyadi, Shelter Lojiwetan, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta. Selain tulang kambing, Bu Pon juga menyediakan iga, sumsum dan bagian kepala kambing loh. Harganya gak mahal hanya Rp. 25.000 sobat sudah bisa menikmati seporsi tengkleng kambing. Jam bukanya dari mulai jam 8.00 – habis.

  • Tengkleng Mbak Diah

Tengkleng Mbak Diah juga memiliki penggemarnya sendiri loh sobat, bahkan mantan Presiden Soeharto pernah makan disini. Warung makannya terletak di Desa Kwarasan, Tanjunganom, Grogol, Surakarta. Harganyapun tidak mahal ko hanya Rp. 25.000 saja. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

4. Rasa tengkleng

Menurut saya pribadi rasa tengkleng itu unik beda dari olahan kambing yang pernah saya temui. Mirip seperti gulai tapi bumbunya lebih meresap. Apalagi kalau dimasak rica-rica wuiiih mantap sekaligus bisa berkeringat. manis pedasnya nikmat luar biasa.

Sumber Gambar: https://www.pegipegi.com

Oke sobat jelajah sekian pengalaman saya berwisata kuliner tengkleng di kota Solo. Semoga menambah referensi tempat kuliner sobat semua. Wasallam..

JJ Jabrig

Catatan seorang penjelajah tempat wisata dan kuliner. Artikel yang saya buat merupakan pengalaman pribadi selama menjelajahi berbagai kota di Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *